Cara Melamar Pekerjaan Melalui Email Beserta Tutorial Gambar Lengkap (Gmail)

Mungkin sudah banyak yang sudah tahu cara melamar pekerjaan melalui email tapi banyak juga yang belum tahu tentang hal tersebut.

Nah disini saya akan menjelaskan cara mengirim lamaran pekerjaan melalui email siapa tahu bermanfaat bagi yang membutuhkan nya.

Sebenarnya mudah dan tidak jauh berbeda dari lamaran pekerjaan biasanya,hanya saja hal yang membedakannya yaitu berkas berkas yang dibutuhkan harus berupa softcopy atau dengan kata lain berkas pendukung lamaran pekerjaan harus melalui proses scanning.

Berikut ini saya jelaskan alurnya secara ringkas,diantaranya :

TAHAP PERSIAPAN

1. Siapkan lamaran pekerjaan beserta CV atau daftar riwayat hidup dalam format microsoft word.

2. Scan file pendukung lamaran seperti ijazah,transkrip nilai,sertifikat,skck atau apapun persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar ke perusahaan yang dituju,sertai foto diri jika diperlukan.
Untuk proses scanning jika tidak mau repot bisa menggunakan aplikasi android yang bernama CamScanner.
Cara penggunaan CamScanner cukup mudah ko,foto file yang akan di scan,setelah di foto silahkan sesuaikan foto sehingga mirip seperti hasil scan,jika kurang jelas bisa di cari di internet untuk cara penggunaan CamScanner atau nanti akan saya update di blog untuk cara penggunaan CamScanner.

Download Camscanner gratis DISINI  via apk4fun.com


3. Untuk ini adalah bagian yang paling penting yaitu anda harus mempunyai akun email,untuk email saya sediri menggunakan email dari google yaitu Gmail,disini juga saya akan menjelaskan menggunakan Gmail. Jika belum mempunyai email silahkan membuat akun email terlebih dahulu.
Setelah semua persiapan siap maka kita lanjut ke tahap berikutnya.

TAHAP PROSES MENGIRIM LAMARAN


1. login ke akun Gmail anda 
2. setelah berhasil login maka klik "TULIS" atau "COMPOSE" pada akun gmail anda 

3. Setelah itu akan muncul jendela baru seperti ini

4. Kemudian masukkan alamat email perusahaan yang akan dituju untuk melamar pekerjaan.disini


5. Kemudian pada kolom subjek tulis dengan subjek "LAMARAN PEKERJAAN" atau sesuaikan subjek tergantung pada persyaratan perusahaan

6. Tulis lamaran pekerjaan anda secara detail tetapi ringkas atau jika tidak mau repot lampirkan saja surat lamaran dalam format microsoft word pada menu lampiran.

7. Lampirkan file hasil scan pada bagian lampiran file berupa scan ijazah,transkrip nilai,pas foto,paklaring atau surat pengalaman kerja,sertifikat jika ada,CV atau daftar riwayat hidup,surat lamaran pekerjaan dan file file lain yang dibutuhkan perusahaan.
 
Ketika klik lampiran  maka akan muncul jendela baru seperti dibawah ini

Pilih file lalu open maka email akan melakukan proses unggah file,tunggu hingga selesai unggah,tampilan jika sudah selesai unggah seperti dibawah ini.

8. Jika sudah selesai tinggal langkah terakhir yaitu kirim email "KIRIM"

Selesai sudah lamaran dikirim ke alamat perusahaan yang dituju,tinggal menunggu panggilan kerja jika email lamaran kita diterima.

Sekian tutorial ini saya buat semoga bisa bermanfaat untuk yang belum mengerti cara mengirim lamaran lewat email,mohon maaf apabila ada kekurangan,dan  jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar atau bisa kirim pertanyaan ke email saya.
Semoga cepat mendapat pekerjaan yang sesuai harapan yaa...

Terimakasih..........

RIZKY WAHYU RAMADHAN












Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Melamar Pekerjaan Melalui Email Beserta Tutorial Gambar Lengkap (Gmail)"

komentar dengan baik dan bijak yaa wssalam